Kamis, 08 November 2012 di makassar 05.20 Diposting oleh Tom 0 Comments

Model data, inilah yang akan saya bahas saat ini.

model data yaitu seperangkat konseptual untuk menggambarkan data, hubungan data, semantik data dan batasan data. didalam model data terdapat banyak model, termasuk yang akan saya bahas saat ini yaitu Entity Relationship Model.

Entity Relationship model yaitu model yang menjelaskan relasi antar data dalam suatu basis data yang terdiri dari objek atau yang biasa disebut entitas, dan mempunyai hubungan(relation) antara objek yang satu dengan objek yang lain. Objek yang dimaksudkan disini seperti manusia, mobil,universitas, rumah, mahasiswa dll, dimana semua objek tersebut memiliki atribut. atribut seperti tanda pengenal atau ciri dari orang tersebut. seperti mahasiswa memiliki atribut NIM, jurusan, alamat, nama dll, begitu juga universitas memiliki atribut kode universitas, alamat, tlp dll, dimana semua objek oobjek di hubungkan menggunakan relasi seperti terdapat hubungan antar mahasiswa dan universitas yaitu berkuliah, mendaftar dll.
Dan yang terpenting juga di dalam setiap atribut harus memiliki primary key yang berfungsi untuk membedakan antara setiap objek.

ini yang saya mengerti dari pertemuan mata kuliah analisis sistem informasi tentang model data.
thanks.

0 Responses so far.

Posting Komentar