Minggu, 25 November 2012 di makassar 03.04 Diposting oleh Tom 0 Comments

SIM-SE merupakan game dimana saya seperti menjadi manajer yang akan membangun sebuah sistem untuk customer dimana semua pegawai dikendalikan oleh saya sendiri.Kami disuruh memainkan 3 jenis model dari game ini yaitu:Waterfall Game,Rapid Prototyping Game,dan Incremental Game.Saya akan memberikan beberapa strategi untuk mendapatkan nilai yang menurut saya tinggi.


Waterfall Game
1.Membeli semua tools yang ada pada game ini.Tools ini berguna untuk membantu mempercepat Software Engineer dalam menyelesaikan setiap tahap yang ada.
2.Membuat requirements.Pada bagian membuat requirements ini saya mengerjakan beberapa pekerja yang menurut saya ahli dalam requirements yaitu Andre,Anita,Calvin,Emily,Pedro.Dalam proses pengerjaan requirements,jika customer memberikan requirement baru,selesaikan dulu proses pengerjaan requirements yang sedang berjalan hingga persen requirementnya 100,setelah itu review requirement,kemudian correct requirements.
3.Membuat Design.setelah membuat requirements tahap selanjutnya membuat design.Pada tahap ini saya juga mempekerjakan yang menurut saya ahli dalam design yaitu Andre,Anita,dan Emily.Dalam proses pengerjaan design,jika customer memberikan requirement baru lagi,maka selesaikan dulu proses pengerjaan design,kemudian review requirements,jika ada error pada requirements correct requirement dan lanjutkan review design,kemudian correct design.
4.Membuat Code.Saya memilih Andre,Calvin,Emily,Pedro,dan Roger dalam membuat code.Dalam proses pembuatan code jika customer membuat requirement baru lagi,maka selalu ingat review semua apa yang sudah kita kerjakan seperti review requirement,correct requirement(jika ada error pada tahap requirements),review design,correct design(jika ada error pada tahap design).setelah membuat Code,Integrate code(menggabungkan code).
5.Membuat Sistem Test.Saya memilih Andre,Pedro,Emily,Mimi dalam membuat sistem test.Sama seperti diatas,jika customer membuat requirement baru pada saat mengerjakan system test maka ingat review tahap-tahap yang sudah selesai dikerjakan(100) dan correct(jika ada kesalahan pada tahap yang sudah dikerjakan).Setelah persen sistem test 100 maka review sistem test dan correct.Setelah semua persen 100 tanpa ada yang error Deliver product to customer.

Rapid Prototyping Game
1.Memilih bahasa Visual Basic(VB) pada Prototyping dan Java pada Implementation.Saya tidak menggunakan bahasa C++ disini,karena menurut saya C++ sangat susah dimengerti bahasanya sehingga proses persentasinya berjalan sangat lama.Setelah memilih bahasa pilih Outline requirements with customer(centang semua pekerja).
2.Develop prototype hingga persennya mencapai 100 (abaikan customer hingga persennya 100).
3.setelah persen prototype 100 berikan kepada customer untuk dievaluasi.
4.lakukan tahap 2 dan 3 sebnyak 2 kali.Sekarang berada pada sisi evaluate bernilai 100.Tentukan advance clock yang berada pada kanan bawah layar sebanyak 12,klik Advance Clock,dan kembali berikan customer. Hal ini bertujuan agar requirement Discovered-nya menjadi lebih tinggi.
5.Persen prototypenya tidak mencapai 100 persen dan persen evaluasinya 100 persen,karena persen evaluasi terhadap customer lebih penting dari prototype.
6.Setelah selesai pada Develop dan Evaluate Prototype,lakukan Requirements hingga 100%,Design hingga 100%,dan Implement System hingga 100%.Setelah itu Deliver final product to customer.

Incremental Game
1. Game ini meiliki 4 module. Cara pengerjaan saya yaitu berurutan dari modul 1, 2,3, dan 4 dan di setiap Modul saya menyuruh semua pekerja melakukan pekerjaan yang ada sekaligus yaitu Requirements,Design,Implementation,Difficult Analysis,dan Risk Analysis.
2. Jangan biarkan pekerja menganggur, contohnya apabila pada module 1 bagian requirement sudah 100 dan implementation belum 100, langsung lakukan requirement pada module 2(tidak perlu menunggu sampai implementation 100).
3.Setelah modul 1 selesai lakukan integration pada setiap modul.
4. Apabila tejadi perubahan module oleh customer, pertama-tama cari module mana yang diubah dengan cara melihat accuracy-nya berubah (tidak 100), kemudian lakukan evolve code pada module itu.
5.Setelah semua persen mencapai 100,Deliver final product to customer dengan memilih keempat modul yang sudah dikerjakan.

Sekian :)


0 Responses so far.

Posting Komentar