Kamis, 11 Oktober 2012 di makassar 03.05 Diposting oleh Tom 0 Comments


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas apa yang saya ketahui tentang sistem informasi.

Sistem Informasi adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan / organisasi yang berhubungan dengan proses mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, pengendalian, analisis, dan visualisasi dalam organisasi.

Adapun istilah-istilah yang terdapat dalam Sistem Informasi yang dapat saya terima dalam perkuliahan kali ini yaitu sebagai berikut :
- Data adalah kumpulan fakta-fakta yang merepresentasikan nilai, jumlah, konsep, dan jumlah dalam kegiatan bisnis.
- Information adalah kumpulan data (fakta) yang telah diolah / diproses yang menghasilkan data yang memiliki nilai tambah.
- Knowledge(Pengetahuan) adalah memahami informasi yang diperoleh dari pengalaman dan hasil kemampuan untuk melakukan sesuatu secara efektif dan efisien.
- Data Resources seperti darimana data didapatkan,dari siapa datanya,akan dientri dimana,yang mana data benar dan salah,bagaimana bentuk format data,dimana data disimpan,dan juga bagaimana caranya sehingga dapat menjadi data yang baru.
- Hardware Resources yaitu bagaimana cara mengentri data yang didukung oleh hardware seperti apa alat inputnya,bagaimana karakteristiknya,dimana disimpan,dimana ditampilkan,dll.
- Software Resources yaitu subsistem perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer bekerja seperti apa programnya,bagaimana buat iklannya,bagaimana menampilkannya,dll.
- People Resources yaitu kemampuan penggunanya untuk mengoperasikan hardware dan software seperti siapa yang menggunakan,berapa banyak yang menggunakan,latar belakang pengguna,dll.
- Network Resources yaitu jaringan komputer yang digunakan untuk pendistribusian informasi.
- Input yaitu Kegiatan yang dilakukan oleh manusia(people) pada hardware untuk memasukkan data dengan menggunakan software dan melalui network.
- Processing yaitu Suatu kegiatan yang dilakukan pada hardware, menggunakan Software, dioperasikan oleh manusia(people), Lintas Jaringan (yang diolah adalah data).
- Output yaitu Hasil yang akan ditampilkan setelah melalui tahap proses (Processing).
- Sistem Control bekerja untuk memastikan apakah input benar,proses benar,dan informasi benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
- Storage merupakan tempat penyimpanan data dimana harus ada sistem yang melayani untuk sistem penyimpanan data.dapat juga digunakan untuk backup data.
- Level Operational merupakan level yang terendah yang dapat menerima data kemudian diolah seperti melakukan penjualan,uang perusahaan keluar berapa (urusan transaksi).
- Level Taktis merupakan level menengah (middle management) yang bertugas untuk merencanakan manajemen perusahaan(supervisor).
- Level Strategis merupakan level teratas yang bertugas untuk memikirkan strategi-strategi yang mendukung tujuan jangka panjang perusahaan.

Sekian yang dapat saya jelaskan mengenai Sistem Informasi dan istilah-istilah yang terdapat didalamnya..
:)





0 Responses so far.

Posting Komentar